Wednesday 4 November 2015

Beberapa Kerjaan Part Time untuk Mahasiswa yang Bisa Kamu Coba

Seorang mahasiswa mempunyai tugas utama untuk mencari ilmu.  Kalau urusan uang menguang tidak perlu khawatir karena ada orang tua yang selalu siap memberi uang saku untuk anaknya. Tapi karena beberapa alasan pasti seorang mahasiswa pernha berfikiran untuk mencari uang saku tambahan. Karena itulah simak tips berikut ini tentang kerjaan part time bagi mahasiswa yang bisa kamu coba.

part time mahasiswa


  1. Jadilah Penulis Artikel dari kos kamu
    Seorang mahasiswa pasti pernah menulis sesuatu, entah karya ilmiah atau makalah atau tugas tugas yang menuntut kamu buat nulis. Kalau kamu memiliki kemampuan yang cukup baik di bidang menulis kamu bisa ikut menjadi penulis artikel freelance di dunia maya. Sangat banyak lowongan yang kamu bisa coba untuk menjadi penulis artikel freelance.
  2. Kamu suka jalan jalan? jadilah pemandu wisata
    Siapa yang ngga mau kerja sambil jalan jalan? Ini bisa kamu coba lho buat tambahan uang jajan mu. Kamu bisa mencari lowongan travel agent yang mencari pemandu wisata freelance. Tapi tentunya tantangan bagi pekerjaan ini adalah komunikasi yang baik dan fisik yang kuat karena nanti kamu bakal ngejalanin dibawah panas terik matahari.
  3. Melamar menjadi guru privat SMA/SMP
    Selain mencari uang tambahan, menjadi guru privat juga menambah pahala karena sudah menjadi salah satu pelaku pencerdas bangsa. Jaman sekarang ini tak sedikit orang tua yang rela mengeluarkan dana buat anaknya supaya ikut les dan bimbingan belajar. Maka pekerjaan ini cocok bagi mahasiswa khususnya MIPA.
  4. Pekerjaan part time sebagai penerjemah bahasa asing
    Kalau di poin 3 terlalu menyita waktu kamu, menjadi penerjemah bahasa asing lebih memiliki waktu yang fleksible. Selain bisa digarap di rumah/kos, kerjaan ini juga relevan sama mahasiswa sebagai akademisi karena dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa asing mu.
  5. Coba memulai bisnis kecil kecilan
    Kalau yang satu ini sudah banyak dilakukan mahasiswa, mungkin kalau ada yang sampai sukses bisa bisa status mahasiswanya dibuang dan fokus ngembangin bisnisnya. Bisnis kecil kecilan yang dimaksud seperti jualan makanan ringan, cafe, usaha tempat print, dll. Ngga usah gengsi untuk mencoba berbisnis. Kenalkan bisnis kecil kecilan mu ke teman teman dikampus. Promosikan lewat media sosial. Lambat laun kalau kamu ulet pasti bisnis mu akan berkembang. Misalnya yang tadinya jual seblak satu outlet saja, bisa nambah jadi 2 outlet dst.
itulah sedikit contoh pekerjaan part time untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Walaupun kamu nanti mau mencoba kerja part time, tapi jangan abaikan kuliah mu ya. Karena kuliah itu investasi jangka panjang yang penting bagi kamu sama keluarga mu. 

No comments:

Post a Comment