Friday 2 January 2015

keteknikan dan buta warna

Buta warna?
ada yang tau kah tentang penjelasan buta warna?
buta warna memang di bagi menjadi dua jenis, yaitu buta warna total dan parsial.
Biasanya porsentase yang lebih banyak terkena buta wana adalah manusia berjenis kelamin pria. Hal ini karena adanya faktor genetika yang di turunkan dari keluarga. XY.
kalau wanita gen nya XX dan masih memungkinkan membawa kecacatan turunan ini yang disebut dengan wanita karrier.
coba lihat gambar dibawah ini, jika agan bisa membaca semua isi yang ada didalam lingkaran, berarti agan tidak buta warna, tapi kalo agan bisa membaca beberapa saja ( kecuali 25, karena orang buta warna juga bisa membaca yang 25 ) berarti agan memiliki penyakit turunan ini.


lalu, apa hubungannya buta warna dengan keteknikan?
ya, buta warna bisa mempengaruhi masa depan seseorang.
untuk kamu yang lagi nyari kuliah mau ambil jurusan apa. tapi memiliki kelainan dalam masalah warna ( red: buta warna), lebih baik konsultasikan kepada orang tua dan senior2 yang sudah memiliki pengalaman lebih dalam perkuliahan.
mengapa saya menulis demikian? karena faktanya, ada beberapa jurusan di fakultas teknik yang gak bisa nerima mahasiswa buta warna, sebagian besar perguruan tinggi negeri tidak bisa menerima mahasiswa buta warna.
beberapa jurusan yg saya tau tidak bisa menerima mahasiswa buta warna yaitu teknik kimia, teknik elektro, teknik perminyakan, teknik geologi, teknik geodesi, teknik lingkungan, teknik arsitektur, teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Tambang. CMIIW.
tapi apakah mahasiswa dengan buta warna tidak bisa kuliah di fakultas teknik?
tentu masih bisa, namun prodi yang tersedia lebih sempit.
beberapa yang saya tahu, yang bisa dijadikan referensi bagi yang mengidap penyakit turunan ini adalah:
1. Teknik Mesin.
2. Teknik Sipil
3. Teknik Informatika
4. Teknik Perkapalan
5. Teknik sistem komputer
6. Teknik Metalurgi
7. Teknik Industri
(mungkin mau ada yang menambahakan?)

tapi itu semua tergantung dari kebijaksanaan Universitas yang ada. Misal di Universitas X , jurusan teknik industri boleh membiarkan mahasiswa nya buta warna sebagian, tapi di Universitas Y, pada prodi yang sama belum tentu membolehkan mahasiswanya buta warna sebagian.Mungkin ini perlu ada kejelasan dari pihak DIKTI untuk membuat aturan dan tetapan khusus agar nasib para pengidap penyakit turunan ini bisa jelas, karena ini mempengaruhi dalam membangun masa depannya.
Semoga dengan tulisan ini bisa menjadi referensi bagi adik2 sekalian

(TS juga buta warna sebagian, Alhamdulilah bisa kuliah di PTN dengan jurusan teknik mesin. Semoga ga salah jurusan deh bagi saya yg punya penyakit buta warna).

Updated : per 2018 admin sudah lulus dan bekerja di perusahaan multi nasional manufacturing tepung pati jagung di bidang Supply Chain Management (anak Industri). Di pekerjaan ku sekarang, tidak ada kaitannya tentang warna. Jadi buat teman2 yang bingng bakal berkarir di mana, bisa jadi supply chain jawabannya. Tetep optimis jangan pernah menyerah dan terus lah mengejar mimpi!

98 comments:

  1. admin kuliah di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di salah satu PTN di semarang jateng

      Delete
    2. Ada masalah ga saat praktek ?

      Delete
    3. @eko H. Saat ini admin masih kuliah gan jd ilmu prakteknya blm banyak, tapi dari pengalaman ane kerja praktek. untuk teknik mesin ga banyak berkaitan ttg warna gan. lebih ke desain sama itungan2 nya

      Delete
  2. admin kalo teknik mesin prospeknya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prospek kerjanya jurusan teknik mesin maksudnya? wahh teknik mesin salah satu jurusan yang paling prospektif di masa depan. bisa masuk di industri mana saja yang membutuhkan mesin pastinya. Teknik mesin sekarang juga belajar robotika yang notabene kerjaannya elektro. namanya mekatronika.
      selebihnya lihat disini ya
      http://www.jurusankuliah.info/2015/03/perkuliahan-dan-prospek-kerja-jurusan-teknik-mesin.html

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Di undip kah ?

    ReplyDelete
  5. ane juga buta warna parsial gan.. dan taun ini masuk Teknik geodesi PTN di Jogja.. salam buta warna hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat gan! semoga buta warna ini tidak menghalangi kita dalam meraih impian

      Delete
  6. Serius gan metalurgi bisa buta warna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf kalo keliru gan tapi setau saya selama tidak main dengan struktrur mikro, masih bisa gan.

      Delete
  7. Min kalo boleh tau PTN mana aja yang boleh teknik mesin dalam keadaan buta warna? Yang mimin tau aja saya juga buta warna parsial :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bgt late reply, yang jelas kebijakan per universitas beda beda ya gan, yang ane tau ya undip, ui, tirtayasa serang, its, uns. lebih lengkap nya mending kunjungin web snmptn aja gan

      Delete
  8. Saya buta warna parsial, saya di nyatakan di terima di jurusan teknik elektro di universitas swasta, AT Warga,, solo baru, saya niatnya daftar, ehh sebelum di terima ada tes kesehatan. Sempet down karna baru tau juga, takut ga di terima ternyata buta warna parsial, tapi setelah di kasih surat keterangan dokter, saya kumpulkan saya di terima,,

    ReplyDelete
  9. Min. Saya maba t.mesin juga, mau tanya kira2 nanti ambil sub.jurusan apa ya yang nanti kedepannya aman buat ngelamar kerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo ini ane jg belum merasakan langsung gan, karena ane masih jadi mahasiswa semester akhir, yang jelas kalo masalah penjurusan, sesuaikan sama minat agan. kalo agan menguasai pasti buta warna ga akan menjadi penghalang gan.

      Delete
  10. bagaimana dengan teknik pertambangan gan ? apakah mengharskan bebas bta warna jga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya teknik pertambangan ga boleh buta warna gan.

      Delete
  11. gan bagaimana kalau teknik sipil gan. apa bisa gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. teknil sipil boleh gan, soalnya di kampus saya pun jurusan teknik sipil buta warna ga masalah gan.

      Delete
    2. min, kampusnya di mana...?
      ane juga BWP pengen coba daftar...

      Delete
  12. kalau mekatronika bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mechatronic gabungan dari mechanical dan electronica, lebih banyak ngoding sama main sensor, ga butuh warna

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Min saya mau nny, jurusan apa saja yg gapake buta warna?punya datanya atau linkny ga?.

      Delete
    4. @fajar kurniawan. Hampir semua prodi atau jurusan IPS tidak membutuhkan syarat buta warna gan. Kalo utk jurusan IPA, yang main nya sama kimia, biologi (kecuali fisika, matematika) harus bebas buta warna

      Delete
  13. Min boleh nnya ga?jurusan apa aja yg boleh make buta warna? Di undip boleh emg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin, sipil, industri,perkapalan di undip boleh gan, selebihnya jurusan IPS boleh.
      lebih jelasnya ini link nya gan http://um.undip.ac.id/daya-tampung-s1/

      Delete
  14. Min kalo teknik industri di uin suka kalo buta warna boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kebetulan dulu ane snmptn tulis (2012) ketrima di industri uin suka, tapi beberapa hari kemudian ane di telpon suruh pindah prodi karena ane mengidap buta warna, kesimpulan nya teknik industri UIN suka tidak menerima mhsw buta warna sekian.

      Delete
  15. Min klo teknik pertanian di unpad boleh buta warna gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ngga masalah, tapi coba langsung tanyakan pada pihak admin unpad nya

      Delete
  16. gan kalo:
    1. Teknik Sipil UNDIP
    2. Teknik Arsitektur UNDIP
    3. Pertanian UNDIP

    boleh buta warna nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Teknik sipil ga masalah buta warna (parsial)
      2. Teknik Arsitektur ga bisa (harus bebas buta warna)
      3. Pertanian ada yg boleh ada yang engga.

      selengkapnya. um.undip.ac.id

      Delete
  17. gan sebenernya buta warna parsial bawa teknik mesin resikonya sebesar apa? terus prosfek kerjanya gimana? sempet denger POLBAN nerima mahasiswa buta warna (teknik mesin)
    makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 teknik mesin buta warna parsial ga masalah gan.
      lebih ke design sama itung2 an daya,torsi,beban dll

      Delete
    2. oh iya thanks min. saya jadi ga terlalu ngedown. soalnya saya buta warna parsial

      Delete
    3. admin kuliah dimana? jurusan apa?

      Delete
  18. Min,kalo di Desain Produk Industri/DKV itu misal ketahuan buta warna, apakah lgsg dinyatakan gugur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah lolos, paling di pindah jurusannya gan

      Delete
  19. Min saya sebernya buta warna parsial, tapi saya bisa baca isihara karna latihan, pengaruh nggak kalo misal saya ambil jurusan yang tidak diperbolehkan butawarna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau teknik kimia, jangan deh. nanti cari kerjanya susah

      Delete
  20. Klo jurusan arsitektur boleh ga gan klo mengalami buta warna parsial

    ReplyDelete
  21. Gan mau tanya,kalau jurusan teknik pangan dan hasil pertanian UGM boleh buta warna parsial nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebijakan masing2 univ. langsung cek ke web univ nya aja gan

      Delete
  22. min jurusan teknik industri di unniv mana ya yg menerima buta warna parsial?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 2012 di undip boleh gan, tapi gatau kalau skrg, coba lgsg cek ke website universitas masing2

      Delete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. gan saya juga BWP nih kalo ambil jurusan teknik mesin itu boleh gk buta warna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh gan, tapi resiko nya nanti aaat cari kerjaan ruang gerak nya sempit.

      Delete
    2. Gan kira kira kalo BWP ambil jurusan teknik mesin kira kira perusahaan memperbolehkan ga ya pas lamar?

      Delete
    3. @junaidi, 70% ga boleh (bidang engineering), 30% boleh (diluar bidang engineering)

      Delete
  32. Gan klo jurusan arsitektur di unnes boleh buta warna parsial engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya arsi harus bebas buta warna gan, soalnya ntr pengaruh ke desain, tapi coba cek ke website nya unnes lgsg aja gan.

      Delete
  33. Gan mau nanya ? kalo Ilmu perternakan Unpad Boleh BWP ngga ? Makasih gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://um.undip.ac.id/daya-tampung-s1/ kalau peternakan undip boleh gan, kalau unpad coba bisa cek website/call center nya aja gan

      Delete
  34. Gan mau nanya jurusan teknik mesin nanti pas cari kerjaan rata rata perusahaan memperbolehkan ga buta warna parsial?

    ReplyDelete
  35. gan mau nanya..apakah masih banyak perusaahan yg bisa menerima orang BWP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih gan, buta warna bukan penghalang, tinggal bagaimana kita nunjukin skill yang kita punya, passion, dan semangat untuk bekerja. Tapi kita harus siap bekerja di luar bidang/background pendidikan kita gan

      Delete
  36. Min mau tanya teknik perminyakan apakah boleh buta warna parsial?

    ReplyDelete
  37. gan mau tanya kalo misalnya udah lolos seleksi PTN tapi syarat nya tidak boleh BW/BWP dalam jurusan tersebut apakah dinyatakan gugur atau dipindah jurusan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindah jurusan gan. coba kontak call center univ ybs. Dulu saya di suruh pindah jurusan dari Teknik industri ke teknik informatika uin suka. tp ga aku ambil

      Delete
  38. Kalau teknik sipil its bisa menerima penderitaan buta warna ya gan?
    Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung cek di website ITS / SNMPTN gan

      Delete
  39. min sekarang kalo udah kerja? seberapa besar pengaruh BWP pada saat melamar pekeerjaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah, untuk pekerja kantoran tidak berpengaruh. Berbeda jika pekerja lapangan. pasti pakai kode warna

      Delete
  40. Kalo Rekaya perangkat lunak/pemrograman itu ada hubungannya dengan buta warna gak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak, tapi biar lebih pasti bisa di cek di website prodi masing2 univ gan

      Delete
  41. Min untuk teknik pertambangan gimana??? Apakah boleh buta warna gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga boleh karena pasti kerjanya di lapangan dan pakai kode warna pekerjaannya

      Delete
  42. Gan mau nanya
    1 teknik sipil UM
    2 Teknik sipil UPN Veteran jawa timur

    Bolehkan kalau buta warna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya teknik sipil masih di tolerir untuk BWP gan. di undip juga boleh BWP masuk teknik sipil. Harusnya sama lah

      Delete
  43. Min kalo untuk jurusan teknik mesin di jawa timur universitas negeri mana aja yang nampung buta warna parsial..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya di universitas mana gan ? teknik mesin tolerir mahasiswa BWP kok. keep spirit. May Allah bless Us

      Delete
  44. Min kalo di Undip buta warna biasanya melempar jurusan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. teknik perkapalan, industri, mesin, sipil, Non teknik / IPA pasti bisa terima BWP

      Delete
  45. Kerja dimana sekarang min, saya ada niatan masuk teknik mesin nih...., trus prospek kerjanya apa ajaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerja di supply chain gan. Teknik mesin sangat luas dan bagus banget prospek pekerjaannya, saranku ambil tentang pemgrograman mesin

      Delete
  46. Replies
    1. di perushaan tepung pati jagung punya prancis - indo

      Delete
  47. Serius metalurgiboleh buta warna ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://smits.its.ac.id/sarjana/

      kalau ga metalurgi ya material gan.

      Delete
  48. Saya bwp. Saya mau kuliah di jurusan teknik industri,teknik penerbangan, dan teknik perkapalan. Misal saya ketrima di salah satu ptn atau swasta yg memperbolehkan untuk bwp. Tapi saya takut nanti lamar kerja selesai kuliah saya gk ketrima sama perusahaan gara gara buta warna sebab saya takut mereka lebih utamain yg bebas bw dari pada saya bwp. Bingung saya harus ngapain? Saya alih jurisan aja atau gimana? Kalai saya alih jurusan saya gk mau jurusan soshum dan pendidikan prospeknya kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ambil teknik industri gan, sepengalaman ane dan sepengetahuan ane, jurusan industri itu founding father nya pabrik. bisa di SCM, logistik , procurement. Itu juga menarik buat di tekuni dan kesempatan nya luas bgt

      Delete
  49. Bang, saya bwp, rencananya mau lanjut ke jurusan informatika. Saya cek di web https://www.undip.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru/daya-tampung jurusan informatika boleh bwp, tapi di web https://um.undip.ac.id/archives/111/program-studi-s1 jurusan informatika tidak boleh bwp bang. Percaya yang mana bang kalo gitu :'( Soalnya saya juga baru tau kalo saya bwp. Terima kasih bang.

    ReplyDelete