Sunday 18 October 2015

Tutorial mudah Membuat Pegas dengan Solidworks

Berikut ini saya coba memberikan tutorial solidwork untuk membuat pegas sederhana. check lgsung ya. Yaudah buka solidworkmu sampai siap pakai ya dan ikuti langkah - langkah ini:
1. klik New (File>New) , Klik Part , Lalu OK .
2. Klik Option (Tools>Option…) , pilih Tab Document Properties. Pilih Units , dibawah Unit System pilih IPS (inch, pound, second) OK.

3. pilih Top Plane , dari menu view yang ada di kiri bawah pilih Normal To.  
4. klik Sketch di Command Manager, klik Circle . seperti yang kamu lihat di pojok kanan atas ada ikon yang menandakan bahwa kamu masuk ke dalam program sketch mode.
5. Klik Origin point sebagai titik awal, drag titik tersebut Setelah itu klik kiri dan terbentuklah lingkaran. Size nya nanti kita edit dengan smart dimension.

6. tentukan sketch dengan dimension. Klik Smart Dimension , dan mulai mengedit dimensinya, klik antar titik terluar lingkaran untuk menentukan diameternya dan  set ke 0.50in . tekna ESC untuk finish smart dimension.
7. Ganti display dengan isometric. 
8. Masukan feature coil, klik Insert>Curve>Helix/Spiral .
9. Tekan F untuk zoom fit, setting Parameters Constant Pitch , Pitch 0.10in Revolutions 4 , Start angle 0.0deg dan klik  
10. Klik pada Right Plane , Klik Normal To .
11. Klik Sketch , klik Circle . Buat lingkaran pada start point tertentu, kemudian klik Smart dimension dan setting diameter lingkaran ke  0.05in .  
12. Klik exit sketch. Klik Features dan activate features menu. klik Swept Boss/Base dan set Profile ke Sketch2 dengan mengklik sketch lingkaran dan setting jalurnya dengan klik helix path  and .
13. Ganti tampilan jadi isometric 
14. tekan F untuk zoom fit
Selesai, pegas sederhana telah Anda buat di Solidworks

*NB : ini adalah tutorial yang berasal dari http://www.solidworkstutorials.com/solidworks-spring/
Saya hanya menerjemahkannya menjadi bahasa indonesia supaya dapat membantu para viewiers agar tidak terlalu susah memahaminyal. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment