Saturday 21 March 2015

Teknik Mesin belajar apa aja sih?

Pasti di kalangan masyarakat masih ada pemikiran bahwasanya jurusan teknik mesin itu selalu berkutat dengan oli, dengan mesin motor, mesin mobil, bahkan banyak yang menyelenehkannya sama "mesin jahit, atau mesin fotokopi", ya semua itu memang benar tetapi itu hanya sebagian kecil dari aplikasi Teknik Mesin. Maksudnya masih baaaaaaaanyaaaaaaak lagi orang lulusan teknik mesin yang bisa lakukan selain itu.
Sekarang, lihatlah di sekitar Anda. kipas angin, AC, kompor gas, ventilasi rumah, kulkas, dan lain sebagainya. itu semua masih ada hubungannya dengan teknik mesin, AC,kipas angin, ventilasi, kulkas masuk ke bidang HVAC ( heating ventilating air conditioning ).
Kompor gas? ya di kompor kan ada regulator, dan di regulator itu ada Valve / katup. itu juga di pelajari di teknik mesin.
Jadi apa aja sih yang dipelajarin di teknik mesin?
yang jelas dasar untuk kuliah teknik mesin adalah Matematika, Fisika, Kimia. untuk kimia disini tidak terlalu mendominasi, yang mendominasi itu adalah fisika sama matematika. Ya karena nyatanya, pekerjaan yang akan di ambil oleh lulusan teknik mesin harus diperhitungkan secara matang agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.
Konsentrasi atau penjurusan teknik mesin itu ada 4, yaitu:


1. Kontruksi / perancangan
Kontruksi, disini kita akan menghitung dan merancang struktur dari sebuah alat, seperti sambungan pada mobil, truss pada jembatan,  sistem mekanik alat alat berat (pneumatic and hydraulic), rangka bodi mobil, rangka pesawat terbang pokoknya yang berhubungan dengan sistem mekanik dari sebuah alat baik yang bergerak ataupun yang diam ( static ).
kalo mau kerja di toyota, honda, airbus, sparepart mobil/motor, industri alat alat berat. dominan disini.

2. Produksi dan manufaktur
disini kita akan belajar tentang seluk beluk proses produksi yang akan menghasilkan suatu produk jadi yang memiliki nilai guna tinggi. Mulai dari tahapan design benda kerjanya menggunakan softawer CAD, proses pemotongan menggunakan CNC, pengelasan, pemotongan, perataan benda hingga analisis tentang tegangan di benda kerja setelah selesai diproduksi. Bahkan di konsentrasi ini juga mempelajari tentang robotika/mekatronika.
kalo mau kerja di industri FMCG (nestle, indofood, unilever), industri semen, dan yang berhubungan dengan produksi, bisa ambil konsentrasi ini.

3. Konversi Energi
dari sub judul sudah jelas ini ada kaitannya dengan energi. Pembangkit listrik, migas, atau energi alternatif. Tapi porsi teknik mesin disini adalah tentang alat alat yang bakal di gunakan di industri energi. seperti turbin, kompressor, boiler, fan, heat exchanger. semuanya bakal di kupas disini.
kalo mau kerja di migas ( pertamina, halliburton, chevron, PGN, dll), industri pembangkit listrik ( Indonesia power, pertamina geothermal, dll). bisa ambil penjurusan ini.

4. Ilmu material
setiap alat yang digunakan dalam permesinan membutuhkan spesifikasi bahan / material yang berbeda beda, seperti industri pesawat lebih banyak menggunakan material komposit, kalau menggunakan logam pasti akan berat. jadi tidak efisien. jadi intinya ilmu material akan mempelajari struktur dan sifat dari material guna menentukan pemilihan material yang bakal di gunakan untuk suatu industri agar memiliki efisiensi yang tinggi. 
kalau mau kerja di krakatu steel ( industri baja ), antam, INKA, dsb.

Kesimpulannya, prospek lulusan teknik mesin sangat strategis, dari bagian hulu hingga hilir seperti sales engineer itu bisa di ambil alih oleh orang teknik mesin. bahkan credit analyst di bank pun banyak yang merekrut lulusan teknik mesin karena orang teknik mesin lebih mengetahui aspek teknis untuk pengajuan kredit.
Namun penjurusan itu semua, tidak mutlak.
artinya jika mau kerja di migas, harus mengambil konversi energi , tentu tidak. karena di bagian migas ada juga divisi yang menentukan material material yang bakal digunakan. jadi tidak menutup kemungkinan konsentrasi material bisa terjun ke bidang industri migas.
semoga tulisan ini bisa merubah persepsi masyarakat tentang teknik mesin..... 
salam solidarity forever!

1 comment: